Sabtu, 28 September 2019

Tidak Semua Negara Asia Mengalami Penjajahan oleh Bangsa Eropa, Ini 5 Negara yang Bebas dari Penjajah

SHARE

Suatu kenyataan jika benua Asia sebagai benua terbesar di dunia ini menjadi jajahan negara-negara Eropa. Tak terkecuali negara kita, Indonesia yang sekitar 350 tahun lamanya menjadi jajahan negara Belanda.

Apa penyebabnya? Ya, tentu salah satunya karena keterbelakangan. Karena kondisi ini bangsa-bangsa Asia pada umumnya mudah dikuasai dan dikendalikan oleh bangsa Eropa. 

Namun demikian bukan berarti tidak ada negara Asia yang bebas dari penjajah. Ternyata ditengah terjadinya penajajahan waktu itu, ada 5 negara Asia dengan berbagai latar belakangnya yang tidak mengalami penjajahan oleh negara Eropa. Mau tahu negara mana saja? Simak nih.

1. Persia (Iran)

Kalian semua tahu tidak, Iran dulu dikenal dengan nama Persia? Dahulu wilayah Persia diincar juga oleh Afghanistan, Inggris, dan Rusia. Pada abad ke-19, Rusia berhasil merebut salah satu wilayah kekuasaan Persia yang sekarang merupakan wilayah Turkmenitan.

Inggris juga memperluas kekuasaannya sampai ke wilayah timur Persia yang berbatasan dengan British India (sekarang Pakistan).

Persia sempat meminjam uang pada bank-bank Eropa namun tidak bisa mengembalikannya. Akhirnya Inggris dan Rusia sepakat untuk mengambil keuntungan dari penghasilan negara Persia. Kesepakatan itu membuat Inggris dan Rusia mendapatkan keuntungan dari Persia tanpa benar-benar menguasai negara Persia.

2. Afghanistan

Afghanistan memiliki kekuatan di negara-negara timur tengah, sehingga Inggris dan Rusia ingin menguasai negara ini. Namun, Afghanistan melakukan perlawanan terhadap Inggris. Saat Inggris kembali berperang melawan Afghanistan, Inggris lebih kuat.

Ini membuatnya bisa mendapatkan kendali atas hubungan luar negeri Afghanistan dengan negara lain meskipun tidak berhasil menguasai seluruh Afghanistan.

3. Tiongkok

 
Dinasti Qing Tiongkok memiliki wilayah yang terlalu luas untuk bisa dikuasai oleh bangsa Eropa. Bangsa Inggris dan Prancis berusaha menguasai Tiongkok melalui perdagangan. Meski tidak dijajah, wilayah Tiongkok terbagi dua antara karena kekuatan negara barat.

4. Thailand

Satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah bangsa Eropa adalah Thailand. Di abad ke-19, Thailand dikenal dengan nama Kerajaan Siam. Saat itu, Kerajaan Siam menyadari bahwa negaranya berada di posisi yang sulit antara negara jajahan Prancis (Vietnam, Kamboja, dan Laos) dan negara jajahan Inggris (Myanmar).

Akhirnya raja Siam Rama V mencoba berhasil berdiplomasi dengan pihak Prancis dan Inggris. Beliau mengadopsi banyak teknologi dan kebiasaan bangsa Eropa untuk melindungi wilayah kekuasaan dan kemerdekaan Thailand.

5. Jepang

Jepang termasuk salah satu negara asia yang berhasil melawan kolonial Eropa. Pemerintahan Jepang justru membuat pengaruh di Taiwan, Korea, dan Sakhalin Selatan. Saat pemerintah Jepang menyadari ancaman dari dunia barat, mereka membuat Restorasi Meiji 1868. Perubahan itu membuat Jepang bisa mengalahkan Dinasi Qing Tiongkok dan Rusia.

Jepang menguasai Korea dan Manchuria saat Perang Dunia II dan membangun kekuatan kolonialnya sendiri.


Nah, itu satu sejarah  penting yang perlu kalian ketahui.







SHARE

Author: verified_user

0 komentar: