Jumat, 06 November 2020

Mau Handphone Lemot Kembali Ngebut? Ini 6 Caranya

SHARE

 


 

Vivo V20 SE merupakan seri terbaru yang dikeluarkan merek handphone kenamaan di Indonesia Vivo. Seri ini diluncurkan bersama dengan seri V20, yang mana keduanya terlihat serupa. Namun, apabila dilihat lebih dekat akan terlihat perbedaannya.

Memiliki handphone satu ini memang dapat memberikan kemudahan dalam hal berkomunikasi dan melakukan beragam hal di internet. Akan tetapi, apabila pemakaiannya berlebihan bisa membuat handphone jadi lemot, dan hal ini sering terjadi. Bahkan untuk handphone baru sekalipun.


Mengatasi Handphone Lemot

Agar handphone android Anda tidak lagi lemot dan dapat digunakan secara optimal ada beberapa trik yang bisa dilakukan. Berikut ulasan lengkapnya.


1. Tambahkan Memori Eksternal

Terkadang yang menjadi penyebab aplikasi atau sistem di handphone Anda berjalan lambat adalah karena memori yang penuh. Untuk menambah memori handphone yang tidak terlalu besar dapat menggunakan memori eksternal.

Pindahkan data-data seperti foto, video, dan beragam file lainnya sehingga bisa mengurangi beban memori internal. Anda juga dapat mengubah setting penyimpanan ke memori eksternal sehingga ketika Anda mengambil gambar atau membuat video langsung tersimpan ke memori eksternal.


2. Hentikan Aplikasi Berjalan

Trik lain untuk membantu performa hp android kembali lancar adalah dengan mematikan aplikasi berjalan. Hal ini akan berpengaruh kepada pengurangan kerja RAM sehingga handphone berkurang lemot-nya.

Masuk ke Menu Pengaturan untuk mengubah setelan aplikasi dari aktif menjadi non-aktif. Terutama non-aktifkan aplikasi yang tidak terpakai, tapi tidak bisa dihapus.


3. Rutin Bersihkan Cache

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk membuat handphone Vivo V20 SE bekerja secara optimal adalah rutin membersihkan cache. Handphone bekerja dengan cara pintar yang memudahkan kinerja penggunanya. Termasuk adanya cache yang memudahkan proses loading ketika Anda membuka kembali aplikasi yang sebelumnya dibuka.

Membersihkan cache secara berkala akan sangat membantu kinerja RAM sehingga sistem bisa berjalan optimal. Anda bisa menggunakan aplikasi cache cleaner yang ada di Playstore atau memakai aplikasi pembersihan bawaan dari handphone.


4. Kurangi Widget

Penggunaan widget memang mampu memudahkan pengguna agar bisa mengakses aplikasi dengan cepat tanpa membukanya terlebih dahulu. Ada banyak widget yang bisa digunakan seperti widget Google, Jam, dan Cuaca. Selain mempermudah, tampilan widget juga mampu mempercantik tampilan di handphone.

Sebaiknya, menggunakan widget hanya untuk aplikasi yang dibutuhkan saja, karena semakin banyak widget makin besar konsumsi RAM sehingga membuat kinerja handphone bertambah lambat.


5. Gunakan Aplikasi Lite dan Multiguna

Terkadang, menghapus aplikasi tidak terpakai sulit dilakukan apabila aplikasi tersebut merupakan aplikasi bawaan dari pabrik. Jalan satu-satunya adalah menonaktifkan aplikasi tersebut. Namun, apabila hal ini juga sulit dilakukan sebaiknya gunakan versi lite untuk mengurangi konsumsi memori.

Sudah banyak aplikasi yang mengeluarkan versi lite sehingga lebih ringan dan nyaman digunakan khususnya untuk ponsel pintar dengan memori internal yang lebih kecil.


6. Hanya Pasang Aplikasi yang DIbutuhkan

Kebanyakan orang memiliki rasa sayang membuang aplikasi, meskipun aplikasi tersebut tidak digunakan. Sebaiknya perasaan seperti ini dihilangkan, karena memelihara aplikasi yang tidak digunakan hanya akan membebani memori.

Mulai sekarang hanya pasang aplikasi yang Anda gunakan saja sehingga kinerja handphone tetap optimal.

Apabila masalah handphone lemot tidak bisa diatasi dengan cara di atas, mungkin sudah saatnya Anda membeli handphone baru. Vivo V20 SE bisa menjadi pilihan yang tepat karena memiliki spesifikasi yang bagus untuk digunakan Anda yang suka foto, bermain game, atau bermain media sosial. Miliki handphone satu ini dengan membelinya di toko online kesayangan Anda.
 
 
 
 
SHARE

Author: verified_user

0 komentar: